Mempelajari Kisah Teladan dari Biografi Woodrow Wilson 

Mempelajari Kisah Teladan dari Biografi Woodrow Wilson 

Sebagai negara maju, rasanya sudah tidak asing lagi jika Amerika menjadi cerminan kesuksesan bagi negara-negara lainnya. Sudah banyak pemimpin yang tetap bertahan untuk melestarikan kesuksesan tersebut, salah satunya Presiden Amerika Serikat ke-28. Perjalanan hidupnya diabadikan dalam biografi Woodrow Wilson.

Berdasarkan biografi yang diceritakan, kita bisa mengambil kisah teladan sebagai bahan instropeksi. Tujuannya, agar kita mampu mengarahkan hidup supaya lebih baik lagi. Berikut kisah-kisah teladan yang Woodrow Wilson bisa kamu ambil manfaatnya.

Kelahiran Woodrow Wilson

Image Source: files.wordpress.com

Woodrow Wilson lahir di kota kecil di selatan Staunton, Virginia pada tanggal 28 Desember 1856. Ia memiliki ayah bernama Joseph Ruggles Wilson. Profesinya sebagai pendeta dari Gereja Presbiterian Pertama. Kurang dari setahun, ia beserta keluarga pindah ke Augusta, Georgia.

Berdasarkan biografi Woodrow Wilson, ia belajar keagamaan dengan ayahnya. Sementara itu, ibunya bernama Wilson Janet Woodrow dengan panggilan Jessie. Lahir di Carlisle, Inggris, namun besar di Amerika. Pada suatu hari, Woodrow Wilson menganggap dirinya sebagai “anak lelaki mama”.

Pendidikan Woodrow Wilson

Meskipun memiliki kelemahan penglihatan, ia dikategorikan sebagai anak normal yang gemar beraktivitas. Mula-mula, ia mendapatkan pendidikan dari ayahnya di bidang agama, sejarah, dan sastra Inggris. Ketika berusia 16 tahun, Wilson mendaftar di Universitas Davidson, California Utara.

Karena kesehatannya yang memburuk, ia terpaksa berhenti sekolah selama setahun. Pada tahun 1875, ia mendaftar di Universitas New Jersey yang kini lebih dikenal dengan Universitas Princeton. Ia lulus dengan meraih peringkat 38 dari 167 siswa pada tahun 1879.

Pada tahun yang sama, ia berkuliah di Universitas Virginia mengambil jurusan hukum, namun keluar saat memasuki tahun kedua. Meskipun begitu, ia tetap berusaha untuk mempelajari hukum secara otodidak. Pada tahun 1882, ia pindah ke Atlanta dan mendirikan praktik hukum.

Karena bosan dengan pekerjaannya sebagai pengacara, ia pindah ke Universitas Johns Hopkisns di Baltimore. Jurusan yang dipilih adalah sejarah dan ilmu politik. Ia berhasil meraih gelar Phd pada tahun 1886.

Karir Woodrow Wilson

Kisah teladan juga tergambar dari biografi Woodrow Wilson saat bekerja. Ia dicatat sebagai professor, administrator perguruan tinggi, politisi, dan negarawan. Ia kemudian dilantik menjadi Presiden Amerika ke-28 pada tahun 1913 dan menjabat selama 8 tahun hingga 1921.

 

Selanjutnya, ia menjadi anggota partai politik Demokrat. Ia berumur 56 tahun saat disahkan menjadi presiden ke-28 dengan wakilnya, Thomas Riley Marshall. Woodrow Wilson merupakan presiden pertama dengan gelar Ph.d dan presiden pertama yang melaksanakan konferensi pers.

Keluarga Woodrow Wilson

Memasuki tahun terakhir sekolah pascasarjana, Wilson menikahi Ellen Louise Axson saat berumur 28 tahun. Istrinya sendiri berusia 25 tahun. Dilahirkan di Savannah dan Georgia, serta putri dari pendeta Samuel E. Axson. Pendidikannya juga terkait dengan Presbiterian Wilson.

Ellen dikenal sebagai seniman berbakat dengan karakternya yang sopan. Memiliki selera indah dalam bermusik, berseni, dan bersastra. Ia meninggal dunia pada bulan Agustus 1914. Ia selalu mendukung Wilson untuk berkontribusi menyejahterahkan orang miskin.

Kontribusi Woodrow Wilson untuk Bangsa

Selama masa kepresidenan dari tahun 1913-1921 ia berhasil mengesahkan beberapa konstitusi penting yang terdiri dari:

  1. Undang-undang yang berkaitan dengan pajak pendapatan federal
  2. Undang-undang anti monopoli
  3. Kebijakan tentang larangan mempekerjakan anak-anak.

 

Itulah beberapa kisah teladan dari biografi Woodrow Wilson yang bisa dijadikan motivasi. Semoga bisa menjadi pedoman hidup bagi Anda untuk lebih semangat memperbaiki diri dan menjadi pemimpin yang berkualitas.

 

 

 

Leave a Comment