Tips Joging Penting untuk Pemula

Tips Joging Penting untuk Pemula

Jogging bagi pemula

Setiap olahraga jika dilakukan secara salah akan berdampak negatif pada kesehatan dan jogging tidak terkecuali untuk ini. Jadi, penting bahwa Anda mengikuti teknik jogging yang benar dan melakukannya dengan sempurna agar tetap bugar dan sehat. Ketika Anda mengikuti kiat dan teknik dengan benar, Anda bisa masuk ke bentuk yang Anda inginkan dan menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

Di bawah ini adalah tips joging dasar tetapi paling penting bagi pemula untuk menjaga tubuh yang sehat dan bugar.

1. Sesi pemanasan

Pemanasan tubuh Anda sangat penting sebelum memulai jogging atau latihan fisik lainnya. Ini karena ketika Anda sedang jogging, otot-otot Anda mengalami kontraksi dan relaksasi terus-menerus. Jadi jika Anda tidak mempersiapkan otot Anda sebelumnya, Anda mungkin akan mengalami kram otot dan mungkin tidak bisa berjalan atau jogging dengan benar.

Pemanasan tidak hanya penting sebelum jogging tetapi juga perlu dilakukan sebelum semua jenis olahraga dan alasannya sama untuk semua itu. Beberapa menit berjalan cepat atau latihan tangan gratis akan membantu Anda mempersiapkan tubuh untuk joging.

Silakan lakukan sedikit pemanasan dengan melakukan peregangan dasar sehingga otot Anda bersiap untuk latihan ketahanan yang akan Anda lakukan yang pada gilirannya akan membantu Anda mencegah cedera saat joging.

2. Kendurkan tubuh Anda

Mengendurkan tubuh sebelum jogging juga penting karena membantu merilekskan semua ketegangan dari leher, bahu, lengan, kaki, kaki, dll. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk joging untuk durasi yang lebih lama tanpa mengalami kram otot. Jadi, goyangkan tangan dan kaki Anda sedikit untuk melonggarkan seluruh tubuh Anda. Anda dapat mengatakannya sebagai bagian dari sesi pemanasan yang baru saja saya rekomendasikan untuk Anda.

3. Tetapkan tujuan harian Anda

Menetapkan tujuan jogging Anda sendiri adalah penting dan itu akan membuat Anda termotivasi di seluruh kinerja joging Anda. Tujuannya dapat ditetapkan setiap hari atau setiap minggu sesuai kemampuan Anda tetapi Anda harus berusaha keras untuk memenuhi harapan Anda sendiri.

Seperti misalnya, tetapkan tujuan yang akan Anda jalankan sekitar 2 mil pada hari ini dan akan berusaha untuk berlari sejauh 5 mil pada akhir bulan. Memiliki tujuan jogging harian, mingguan, dan bulanan yang jelas dapat menjadi sumber motivasi bagi Anda.

Namun, cobalah untuk tidak menetapkan tujuan yang tidak biasa untuk diri sendiri karena terlalu banyak memberi tekanan pada diri Anda secara tiba-tiba, tepat di awal mungkin menyebabkan terlalu banyak kelelahan dan bahaya. Lebih baik jika Anda dapat menilai stamina dan potensi Anda dan kemudian menetapkan tujuan yang sesuai. Idealnya Anda harus memiliki tujuan yang lebih kecil untuk menjalankan harian dan meningkatkannya secara proporsional pada minggu-minggu berikutnya.

4. Gunakan sepatu joging yang tepat

Mengenakan sepatu lari yang benar saat jogging adalah suatu keharusan dan ini adalah salah satu tips joging yang paling penting untuk pemula. Alasannya adalah karena sepatu memberi Anda perlindungan yang tepat untuk tulang dan kaki Anda dari dampak dorongan, mereka menjalani saat Anda joging dan berlari. Jadi, pilih sepatu lari yang nyaman untuk joging.

Anda bahkan dapat berkonsultasi dengan dokter ortopedi jika Anda ingin menggunakan sepatu ortopedi saat joging. Hindari jogging di tidur, karena Anda mungkin berakhir melukai diri sendiri. Dan lebih memilih sepatu yang menyerap sentakan. Menggunakan sepatu lari yang tepat benar-benar dapat membuat jogging menyenangkan untuk Anda.

5. Pertahankan postur tubuh kanan

Mempertahankan postur tubuh yang benar saat jogging sangat penting, dan karenanya ketika Anda jogging, Anda harus menjaga dan mempertahankan postur yang benar. Banyak pelari cenderung membungkuk dan joging yang tidak hanya tidak benar tetapi sebenarnya dapat menyebabkan cedera pada sumsum tulang belakang Anda. Jadi, setiap kali Anda joging, Anda harus yakin bahwa Anda menjaga dada Anda keluar dan bahu Anda harus digulingkan kembali untuk menghindari segala jenis cedera pada sumsum tulang belakang Anda.

6. Mulai lambat

Jika Anda mulai joging dengan banyak intensitas secara tiba-tiba, maka itu mungkin menyebabkan cedera dan Anda mungkin akan berakhir terlalu cepat lelah. Jadi, disarankan agar Anda mulai lambat dan kemudian menyesuaikan kecepatan jogging sesuai kenyamanan dan stamina Anda.

Idealnya, Anda harus mulai dengan berjalan dan kemudian setelah 30 detik, tingkatkan langkah Anda. Setelah itu, pada akhir 60 detik, Anda harus berjalan cepat. Kemudian mulai joging Anda dengan kecepatan lambat dan tingkatkan kecepatan secara perlahan. Ini adalah teknik yang baik dan mencegah Anda dari cepat terbakar yang pada gilirannya, akan memungkinkan Anda untuk joging untuk jarak dan durasi yang lebih lama.

7. Pendaratan lunak

Salah satu tips jogging untuk pemula adalah membuat soft landing saat joging. Ini karena jika Anda menginjak kaki Anda, ada kemungkinan besar bahwa Anda akan melukai lutut Anda. Jadi, sangat disarankan agar Anda mendarat dengan lembut di tanah di atas bola kaki Anda karena ini akan memungkinkan untuk mengusir kejutan dan tidak memukul lutut Anda secara langsung. Ini akan semakin memungkinkan Anda untuk joging dengan nyaman dan untuk jarak yang lebih jauh.

Leave a Comment