Sapi Paling Baik yang Berkualitas Unggul

Sapi Paling Baik yang Berkualitas Unggul

Hewan ternak ini merupakan salah satu hewan ternak yang paling banyak peminatnya. Apalagi penduduk yang banget sekali menikmati daging sapi. Seperti dipanggang, dihaluskan, ataupun dibuat menjadi berbagai olahan lezat.

Namun, ngerti nggak kamu jika ternyata ada banyak sekali jenis sapi yang ada di dunia ini?

Bukan sapi qurban lho ya maksudnya. Jenis disini merupakan varietas hewan ternak dengan nilainya super deh pokoknya.

Bahkan, mengikuti bengkembang teknologi, banyak macam-macam sapi berkualitas keluar. Hal itu karena dibuat pengembangbiakan antara sapi unggul guna memperoleh kualitas yang lebih bagus lagi.

Agar tidak penasaran, di bawah ini beberapa sapi yang mungkin kamu tidak tau.

Sapi Limousin

arenahewan.com

Sapi ini merupakan sapi potong asal dari Eropa, tepatnya dari negara Prancis. Tubuh sapi ini sangatlah besar serta mempunyai volume rumen di atas rata-rata.

Karena ukurannya yang besar ini sapi limousin menjadi unggulan. Selain itu, pertambahan ukuran sapi jenis ini dapat dibilang cepat. Jadi, banyak peternak suka membesarkan tipe sapi ini.

Bayangkan aja nih ya, per hari, sapi limousin dapat tumbuh sampai satu koma satu {kilogram|kg) lho. Serta, berat sapi jantan besar dapat mencapai seribu seratus kilogram India. Sapi tipe brahman ini menjadi sapi sangat direkomendasikan buat diternakkan. Karena, kualitas sapi ini lebih baik jika dibandingkan dengan sapi asli negeri ini.

Sapi Brahman

Dari julukannya dirimu tentu tahu sapi ini dari mana dong?

Benar, sapi brahman ini asalnya dari negarawilayah|kawasan} India. Sapi tipe brahman ini jadi sapi paling rekomended untuk diternakkan. Soalnya, karakter sapi ini lebih baik jika disandingkan dengan sapi asli negeri ini.

Pertambahan sapi brahman, meskipun masih di bawah sapi limousin, namun masih tentu tinggi. Per hari, sapi brahman dapat tumbuh mencapai sekitar nol koma delapan kilogram. Ukuran sapi jantan matang bisa mencapai 800 kilogram, tetapi yang betina dapat mencapai 500 kilogram.

Sapi Angus

bakungpermai.com

Sapi angus ini asalnya dari daratan Eropa, tepatnya negara Inggris serta Skotlandia. Sapi tipe ini memiliki kualitas daging yang super lho. Karena, kandungan lemaknya yang cukup dikit serta serat dagingnya padat.

Bahkan, sapi ini sering sekali dijadikan bahan praktek lho. Sapi ini dijadiin sebagai indukan untuk perkawinan silang antar sapi. Tujuannya? Tentu untuk memberikan anakan yang kualitasnya terbaik.

Sapi Brangus

Hanya beda dikit hurufnya dari jenis sapi di atas, sapi jenis ini ini merupakan perkawinan dari sapi cewek jenis brahman serta cowok angus.

Kedua jenis sapi tersebut dikawinkan dan dihasilkan sapi brangus, jenis baru dengan kualitas daging yang lebih baik. Ya, emang betul, karena daging dari sapi ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Bagi seekor sapi ini yang jantan, bobotnya dapat menyentuh 1800 kilogram. Sedangkan sapi betinanya dapat menyentuh berat 1200 kilogram.

Sapi Ongole

Jenis sapi ini merupakan sapi yang mempunyai punuk, asalnya dari India. Sapi jenis ini juga cukup dikenal serta banyak diternakkan di Indonesia lho, khususnya di daerah Sumba. Karena hal itu, sapi jenis ini disebut juga dengan SO atau Sumba Ongole.

Sumba Ongole ini masuk ke dalam jenis ternak pekerja lho. Dengan punuk yang terdapat di atas badannya, umumnya dijadikan menjadi tempat untuk mengangkat beban besar serta dijadikan dudukan buat membajak sawah.

Sapi Bali

Sapi tipe ini cukup banyak terdapat di daerah Bali, jelas dong, dari nama juga sapi Bali.

Ciri khas dari sapi Bali adalah ada warna putih di kakinya. Selain dijadikan sebagai sumber daging, sapi Bali juga sebagai sapi pekerja. Umumnya dipakai untuk membantu petani menggemburkan sawah.

Sapi ini merupakan berasal dari sapi liar. Karena hal itu, sapi Bali mempunyai tenaga yang besar dan daya tahan badan yang kuat.

Pertumbuhan sapi Bali lumayan tinggi. Sapi ini mampu tumbuh hingga 0,8 kilogram tiap hari. Dan, saat umurnya yang satu setengah tahun, besar sapi Bali dapat sampai dua ratus tujuh belas kilogram.

Sapi Madura

Ke jenis selanjutnya, ada sapi Madura, merupakan jenis sapi potong lokal yang dapatkan dari persilangan antara sapi Bali dengan sapi Zebu.

Sapi jenis ini merupakan jenis hewan potong yang ukurannya kecil. Ya, kecil kalau disejajarkan dengan sapi jenis lain lho ya.

Pertumbuhan berat dari sapi ini ini kisaran 0,5-0,8 kilogram / hari. Tentu peningkatan itu masih lebih kecil jika dibandingkan dengan sapi potong jenis ongole.

Sapi jenis ini biasanya dipakai menjadi sapi yang membantu petani untuk membajak sawah. Atau, sapi ini biasanya digunakan sebagai bahan pertunjukan pada acara karapan sapi.

Dari ke-7 tipe sapi di atas, dirimu sudah pernah mengonsumsi yang mana aja? Atau kamu udah pernah melihat nggak wujud asli dari beberapa macam sapi yang sudah ditulis di atas?

Leave a Comment