Mengulas Tentang Biografi Millard Fillmore 

Mengulas Tentang Biografi Millard Fillmore 

Tentu kebanyakan orang sudah mengetahui tentang Millard Fillmore. Namun, belum banyak yang mengetahui tentang biografi Millard Fillmore. Millard Fillmore terkenal karena menduduki kursi kepresidenan mengantikan Zachary Taylor sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-13.

Biografi merupakan sebuah tulisan yang menceritakan tentang kisah hidup seorang tokoh penting didalam sejarah. Hal tersebut dilakukan agar generasi selanjutnya bisa mengetahui kisah dan perjuangan hidup tokoh tersebut dan bisa terinspirasi dari kesuksesannya.

Kelahiran Millard Fillmore

Image Source: whitehouse.gov

Biografi Millard Fillmore yang pertama kali akan dibahas adalah tentang kelahirannya. Millard Fillmore lahir disebuah pondok kecil di New York pada tanggal 7 Januari 1800. Millard Fillmore dilahirkan dalam keluarga yang miskin dan hidup dengan penuh keprihatinan.

Ayah Millard Fillmore adalah seorang petani yang bekerja dengan pemilik tanah. Ibunya merupakan salah satu guru tidak tetap di sebuah sekolah. Millard Fillmore merupakan anak kedua dari delapan bersaudara. Beliau merupakan putra tertua kedua dalam keluarga.

Pendidikan Millard Fillmore

Karena terlahir dari keluarga yang kurang mampu Millard Fillmore hanya memiliki sedikit sekolah formal. Millard Fillmore menjalani pendidikan secara private dan belajar sendiri. Beliau hanya belajar melalui buku-buku yang ia baca dengan penuh ketekunan secara otodidak

Beliau akhirnya bisa bangkit dari kemiskinan melalui studi yang penuh dengan obsesi tersebut. Studi tekun yang beliau lakukan akhirnya mengatarkannya menjadi seorang pengacara yang sukses. Melalui hal tersebutlah Millard Fillmore memulai karirnya di bidang politik dan mulai andil dalam pemerintahan.

Karir Millard Fillmore

Banyak sekali masyarakat yang penasaran akan biografi Millard Fillmore tentang jenjang karirnya. Millard Fillmore memulai karir politiknya di partai anti-Masonik. Namun tidak lama setelahnya beliau beralih ke partai Whig karena hubungannya dengan Henry Clay.

Beliau menjabat sebagai wakil Presiden dibawah Presiden Zachary Taylor. Akan tetapi, pada tahun 1850 Zachary Taylor meninggal dunia dan Millard Fillmore naik menjadi presiden A.S ke-13. Millard Fillmore bertanggung jawab untuk memaksa Jepang membuka perdagangan lewat perjanjian Kanagawa.

Keluarga Millard Fillmore

Millard Fillmore menikah dua kali. Istri pertamanya bernama Abigail Powers yang dinikahinya pada tahun 1826-1853. Kemudian setelah istri pertamanya meninggal dunia beliau menikah lagi dengan Caroline Carmichael Fillmore pada tahun 1858-1874.

Dari pernikahannya yang pertama beliau memiliki dua anak yang bernama Millard Powers Fillmore dan Mary Abigail Fillmore. Namun, dari pernikahannya yang kedua beliau tidak memiliki anak. Beliau hidup dengan baik dan penuh akan kekuasaan.

Akhir Khayat Millard Fillmore

Setelah menjabat sebagai Presiden selama tiga tahun, Millard Fillmore terserang penyakit gastroenteritis. Ini merupakan penyakit peradangan saluran pencernaan yang menyerang lambung. Sehingga bisa mengakibatkan diare, muntah dan kejang pada perut.

Beliau sudah melakukan pengobatan namun penyakitnya tak kunjung sembuh. Akhirnya setelah menjabat sebagai Presiden beliau kembali ke rumahnya di Buffalo, New York. Beliau meninggal dunia pada tanggal 8 Maret 1874 pada umur 74 tahun akibat penyakit tersebut dalam keadaan lumpuh.

Itulah biografi Millard Fillmore yang belum banyak diketahui banyak masyarakat. Meskipun beliau hanya menjabat sebagai Presiden selama tiga tahun. Namun Millard Fillmore sudah banyak melakukan perubahan yang berdampak bagus untuk masyarakat Amerika Serikat. Memang ada beberapa orang dalam pemerintahannya yang tidak menyukainya. Namun, beliau tempat mendapatkan pujian dari rakyat karena kerja kerasnya. Karena saat menjabat pertama kali beliau tidak didampingi oleh Wakil Presiden.

 

Leave a Comment