Memahami Arti dan Contoh Explanation Text About Blue Mosque

Memahami Arti dan Contoh Explanation Text About Blue Mosque

Belajar bahasa asing membuat kita harus mengerti dan memahami mengenai hal-hal penting apa saja yang harus kita ketahui dengan benar agar bahasa asing yang dipelajari dapat digunakan dan direalisasikan dengan baik.

Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional dan diakui di seluruh dunia menjadi bahasa kedua yang harus kita kenal agar dapat berkomunikasi dengan orang asing atau sekedar mengetahui dasar akan bahasa dunia yang diakui hingga saat ini.

Kelengkapan Bahasa

Image Source: schoolsweek.co.uk

 

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris dilengkapi dengan jenis-jenis text dimana text tersebut dapat digunakan untuk menjelaskan suatu hal. Explanation text merupakan text yang memperjelas akan alasan terjadinya sesuatu hal. Di dalam explanation text, kita dapat mengetahui suatu kesimpulan atas terjadinya hal-hal tersebut. Pada dasarnya, explanation text berisikan akan penjelasan secara terperinci mengenai hal-hal tertentu.

Salah satu contoh yang berkaitan dengan explanation text adalah text Blue Mosque. Jika kita membaca secara menyeluruh mengenai text tersebut, kita nantinya akan mengetahui mengenai sejarah dan asal usul didirikannya Blue Mosque. Blue Mosque merupakan masjid besar yang berada di Istanbul, Turki. Dinamakan Blue Mosque karena masjid tersebut memiliki interior berwarna biru di bagian masjid pada masa terdahulu.

Selain dikenal sebagai Blue Mosque, masjid yang berada di Turki ini dikenal pula dengan sebutan Masjid Sultan Ahmed. Dilihat dari gaya arsitektur yang ada pada masjid, Blue Mosque menggunakan gaya arsitektur Ottoman klasik. Dengan ukuran bangunan yang luas, Blue Mosque mampu memuat jamaah hingga 10.000 jamaah.

Blue Mosque dibangun pada tahun 1609 hingga tahun 1616 dan merupakan perindah dari Sultan Ahmed I. Karena dibangun berdasarkan dengan perintah sultan, nama sultan dinobatkan menjadi menjadi nama masjid. Sultan Ahmed I bahkan dibumikan di halaman Blue Mosque sebagai bentuk penghormatan terhadap sultan.

Blue Mosque sendiri berada di kawasan tua Istanbul dimana dahulunya kawasan tersebut merupakan pusat dari kota Konstantinopel. Tidak hanya berdekatan dengan situs kuni Hippodrome. Blue Mosque berdekatan pula dengan gereja Hagia Sophie dimana gereja tersebut beralih fungsi sebagai museum pada saat ini.

Jika diperhatikan dengan seksama Blue Mosque berlokasi dekat dengan Istana Topkapi dimana Sultan Utsmaniyah pernah tinggal hingga tahun 1853. Blue Mosque jika dilihat dari laut, menara masjid nampak mendominasi langit kota Istanbul.

Blue Mosque merupakan masjid yang didominasi oleh warna biru. Warna biru yang ditemukan pada bagian dalam masjid sebenarnya bukan menjadi dekor asli dari Blue Mosque. Akibatnya, warna biru pada masjid kini tidak lagi terlihat menonjol karena telah dihilangkan sebagian.

Sedefthar Mehmed Aga merupakan arsitek Blue Mosque yang diberikan perintah untuk menghemat biaya pembangunan masjid. Blue Mosque memiliki struktur bangunan yang menyerupai kubus dan memiliki ukuran 53 m x 51 m.

Sama halnya dengan masjid yang lainnya, Blue Mosque dibuat dengan mengarah ke arah kiblat yang merupakan arah dimana umat muslim melakukan shalat. Blue Mosque juga dilengkapi dengan mihrab yang keberadaannya berada di luar masjid.

Dari contoh explanation text mengenai Blue Mosque di atas, kita tentunya dapat mengetahui alasan mengapa masjid tersebut dibangun dan bagaimana proses pendirian Blue Mosque dilaksanakan. Secara garis besar, kita dapat mengetahui bahwa explanation text about Blue Mosque menjelaskan kepada kita dan para pembacanya mengenai asal muasal Blue Mosque berdiri tegak pada saat ini.

Leave a Comment