Bagi Anda Pecinta Katak, Nih Simak Jenis Berikut

Bagi Anda Pecinta Katak, Nih Simak Jenis Berikut

Kamu senang reptil atau punyai peliharana reptil? Kebanyakan reptil yang acapkali dirawat dari tipe ular atau kura-kura. Terkecuali itu, nyata-nyatanya katak ikut adalah reptil yang banyak disukai buat dirawat, lho.

Gak yakin? Inilah 10 tipe katak serta kodok yang dapat kamu memelihara, yang sukses dihimpun brilio.net dari bermacam sumber, Selasa (10/5):

1. Kodok bangkong bertanduk (Megophrys montana)

Kodok yang satu ini bertubuh pendek lumayan gendut, berkepala besar dengan runcingan kulit diatas ke dua mata serta di ujung moncong. Ukuran badan biasanya tengah hingga besar, 60-95 mm. Kodok jantan lebih kecil ketimbang yang betina.

2. Bangkong serasah (Leptobrachium hasseltii)

Kodok ini bertubuh tengah pada 50-70 mm. Jantan biasanya lebih kecil ketimbang yang betina. Gendut pendek dengan kepala bundar serta besar, tambah besar ketimbang tubuhnya, mata besar serta melotot.

3. Bangkong kolong (B. melanostictus)

Kodok yang satu ini pun memiliki ukuran tengah. Yang dewasa berperut gendut, berbintil kasar.

4. Kongkang gading (Rana erythraea)

Kodok ini ramping serta berwarna hijau zaitun, hijau lumut atau hijau muda di punggungnya. Tangan serta kaki berwarna kuning coklat muda, dengan coreng-coreng khususnya pada paha. Segi bawah badan berwarna putih. Kulit licin serta halus. Kodok jantan lebih kurang 30-45 mm, serta yang betina 50-75 mm.

5. Kodok puru rimba (Ingerophrynus biporcatus)

Kodok yang satu ini miliki punggung kecokelatan, keabu-abuan atau kehitaman, dengan coreng-moreng kecokelatan. Ada juga spesimen yang berwarna cokelat kemerahan, dengan jejeran bintil di belakang berwarna merah jambu.

6. Bangkong tuli (Limnonectes kuhlii)

Kodok ini gemuk berotot, panjang badan dari moncong ke anus s/d 80 mm pada kodok jantan, serta lebih kurang 70 mm pada yang betina. Kepala lebar dengan pelipis berotot, tangan serta kaki pendek berotot.

7. Precil Jawa (Microhyla achatina)

Kodok yang satu ini ukurannya mini, hingga dimaksud precil dalam bahasa Jawa. Kodok ini punggungnya berwarna cokelat muda kekuningan atau lumayan kemerahan dengan sepasang garis gelap lumayan kehitaman.

8. Katak pohon bergaris (Polypedates leucomystax)

Katak ini memiliki ukuran ramping, serta tengah. Kulit punggungnya halus, tiada lipatan serta benjolan. warnanya berbeda-beda, ada yang cokelat kekuningan, keabu-abuan, hingga pucat keputihan.

9. Kodok tegalan (Fejervarya limnocharis)

Kodok ini kecil sampai tengah, bertubuh pendek kekar serta berkepala meruncing. Punggung berwarna cokelat lumpur, dengan bercak-bercak gelap simetris.

10. Bangkong sungai (Bufo asper)

Kodok buduk yang besar, tdk gendut serta lumayan ramping. Punggung berwarna cokelat tua kusam, keabu-abuan atau kehitaman. Segi bawah berbintik hitam. Jantan kebanyakan dengan kulit dagu yang kehitaman.

Leave a Comment